Pasar Malam Perayaan Sekaten

Pukul 05.30 WIB TERMINAL PURABAYA SURABAYA-, ketika mentari terkesan malu menampakkan batang hidungnya. Dan masih teringat bagaimana hiruk pikuk nya susasana terminal, di saat perlahan kaki ini menyusuri area parkir bus AKAP (Antar kota antar propinsi).  Ya, suasana itu begitu ramai dengan calon penumpang yang akan menaiki bus entah untuk berlibur atau untuk berangkat kerja. Maklum, Desember tahun lalu tepat nya di minggu ke tiga, jika kita tengok kalender maka kita akan menemukan jajaran angka berwarna merah. Saya merasa itu waktu yg tepat untuk merencanakan liburan ke Djogja. Tepat pukul 07.00 bus yang saya tumpangi melaju ke Kota yg sangat terkenal dengan Malioboro nya. Agenda travelling ini memang sudah saya siapkan beberapa hari sebelumnya, untuk mengantisipasi agar perjalanan terasa sangat berkesan. Yang penting sih ada kamera dan pemutar musik, hehehe…

Beberapa lagu2 hits dari Bang Iwan Fals, Dewa 19, dan dangdut koplo saling bergantian berdendang di telinga ini, Dan setelah hampir 8 jam bus yang saya tumpangi sudah berhenti di Fly Over Janti, Yogyakarta… saya pun melangkah turun dari bus, dan menikmati riuhnya suasana jalan raya sore itu. Oia, dalam solo travel kali ini, selama di Yogya saya dibantu teman saya yang bernama Riza (seorang teman semasa kuliah di Malang dan sedang menyelesaikan S2 di UGM). Singkatnya setelah sampai di Janti tadi, saya menunggu Riza dan segera meluncur ke kos nya untuk beristirahat.

Setelah membersihkan diri, malam itu Riza menawarkan saya untuk menikmati hiburan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS).  Saya pun menyetujuinya, karena informasinya hari itu adalah hari terakhir PMPS.  Tak lama kita segera meluncur ke Alun-Alun Utara Yogyakarta. Setelah menerobos macet nya jalanan Yogyakarta, akhirnya kita sampai ditempat tujuan.

Kali ini saya akan bercerita sedikit terkait apa itu Sekaten. Upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di Kraton Yogyakarta yang dilaksanakan setiap tahun. Upacara ini dilaksanakan selama tujuh hari, yaitu sejak 5 Rabiul Awal sore sampai dengan 11 Rabiul Awal (kalender jawa) tengah malam. Upacara Sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad, adapun tujuan upacara sekaten adaah untuk sarana menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, khususnya Yogyakarta. Tapi kawan, untuk PMPS biasanya diselenggarakan selama 40 hari. Tujuan pelaksanaan PMPS ini pun juga berbeda dari Sekaten, yakni untuk menghidupkan kegiatan di bidang ekonomi.

Foto dan teks  :  Eko Budi Setiawan

Iklan